Menu Close

Lumosity, Game Buatan Para Neuroscientist

Biasanya game dibuat oleh ahli khusus yang merancangnya. Namun beda dengan Lumosity, game ini didesain khusus oleh para ahli neouroscinetis dari Universitas Stanford yang bekerja sama dengan perusahaan website di San Fransisco. Awal dibuatnya game ini dilatar belakangi oleh gejala penurunan ingatan oleh manusia. Mereka beranggapan bahwa otak sama halnya dengan otot manusia yang perlu latihan guna meningkatkan fungsi kognitifnya. 

Lumosity adalah permainan yang menyediakan latihan otak dengan menggunakan permainan sederhana.  Ia mengklaim dapat meningkatan kinerja tugas sehari-hari, menunda dan mengurangi gangguan kognitif seperti alzhaimer, demensia dan kinerja otak yang lainnya. Pelatihan kognitif adalag latihan dalam proses-proses mental atau pikiran yakni bagaimana informasi didapat, diinformasikan dan ditranformasikan. 

Pada awal mendaftar, anda diharuskan memilih prioritas yang akan anda mainkan seperti daya ingat, kecepatan otak, kreatifitas dan kecerdasan dalam memcahkan masalah. Sehingga tiap harinya, anda akan disodori berbagai macam permainan otak  berbeda sesuai dengan apa yang kamu pilih. Pun dalam Lumosity, pengguna akan memainkan berbagai macam profesi yang biasanya ditemukan dalam keseharian misalnya polisi, waitress, dokter, astronout dan sebagainya. Sehingga, jejaring antarsyaaraf akan  terus dilatih lewat berbagi simulasi yang dibuat. 

Salah satu fitur dalam program ini yaitu Brain Performabe Index (BPI), yang mana menampilkan hasil latihan and tiap hari dalam bentuk index ukuran. Selain itu, ditampilkan juga kelemahan dan kelebihan otak anda yang perlu ditingkatkan misalnya dalam hal ingatan, fleksibilitas atau upaya pemecahan masalah. BPI dapat dibandingkan dengan pengguna lainnya yang memilki rentang usia mereka yang tidak jauh berbeda. 

Meskipun keliatan mudah pada awalnya misal hanya mengingat warna atau mencari pasangan benda yang cocok. Namun seiring bertambahnya level anda akan menemui berbagai macam kesulitan karena hal yang suguhkan semakin beragam dengan waktu yang telah dibatasi. Waktu yang diberikan biasanya 15 menit setiap harinya. Ada tiga pertandingan di setiap sesi dan setia sesinya akan menguras tenaga dan pikiran. Pengguna harus mendapatkan skor tinggi di tiap levelnya. Semakin tinggi skor yang didapatkan, maka hasil laporan yang diterima akan tinggi dalam akhir permainan. 

Lumosity menawarkan dua keanggotan yaitu berbayar dan gratis. Jika anda berbayar maka tiap hari anda akan memperoleh lima game untuk dimainkan. Paket yang ditawarkan dalam member berbayar juga beragam, ada bulanan, tahun atau seumur hidup. Biasanya harga yang ditawarkan Rp.139.000 hingga Rp.699.000. Sedangkan jika gratis anda hanya mendapat tiga permainan tiap harinya. Meski berbeda keduanya memberikan hasil analisis perkembangan otak pengguna. Tapi menurut beberapa pengguna, keanggotan gratis sudah banyak manfaatnya karena permainan dan tampilan hasilnya tidak jauh berbeda. Saat ini, ragam permainan dalam lumosity maikn bertambah dari 25 menjadi 40 permainan. 

Desain grafis yang ditampilkan dalam game ini tidak kaku dan menarik, sehingg membuat penggunannya bisa santai dan refreshing. Game ini cukup adiktif dalam penggunaanya, karena penggunaanya yang diharuskan tiap hari. Tapi jika pengguna melewatkan satu hari dalam memainkanny tidak berdampak pada pengurangan poin yang telah didapat. Kekurangan dalam game ini menurut banyak pengguna adalah dalam hal keanggotan. Karena versi premium dengan cara membayar dinilai tidak terlalu worth it. Perlu diingat melatih otak tidak hanya dengan game, namun harus juga diimbangi dengan melakukan kegiatan lain. misal membaca buku. Selamat mencoba. Poker online bisa anda coba untuk game yang lebih menarik.