Menu Close

Definisi Ilmu Pengetahuan dan Persyaratan yang Mengikatnya

Definisi ilmupengetahuanadalah sebuah sistem yang mencakup berbagai macam pengetahuan yang didapatkandari hasil serangkaian pemeriksaan yang dilakukan dengan teliti dan sistematis melalui metode tertentu. Proses yang dilakukan terhadap suatu hal tersebut ditempuh melalui penggunaan alat, prosedur, tata cara dan metode spesifik  sehingga menghasilkan informasi baru bagi wawasan umat manusia.

Ilmu adalah pengetahuan yang telah digolongkan secara sistematis dan diinterpretasikan yang kemudian menghasilkan sebuah kebenaran objektif dan kebenaran tersebut dapat dibuktikan secara ilmiah. Dengan kata lain, ilmu bukanlah sekedar pengetahuan saja melainkan rangkuman dari sekumpulan materi pengetahuan berdasarteori yang telah disepakati dan bisa diuji melalui metode yang telah diakui dan diterima dalam bidang tertentu.

Secara Etimologi

Secara etimologi, kata ilmu datang bahasa Arab ilm yang artinya memahami, mengertiatau mengetahui. Sementara dalam bahasa Inggris, science bahasa latin scientia yang artinya tahu-mengetahui. Sementara dalam penyerapan kata dapat diambil contoh seperti ilmu pengetahuan artinya memahami pengetahuan, ilmu sosial artinya mengetahui perihal sosial, dan lain sebagainya.

Dalam KBBI

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ilmu pengetahuan adalah kefahaman terkait bidang spesifik yang sistematis dalam metode tertentu dan bisa digunakan untuk menjelaskan gejala atau fenomena tertentu sesuai bidangnya. Ia juga diartikan sebagai kepandaian tentang masalah duniawi, akhirat, lahir, batindan lain sebagainya yang berkaitan dengan hal atau mata pelajaran.

Syarat Ilmu Pengetahuan

Agar sesuatu bidang dapat dikategorikan sebagai ilmu pengetahuan, maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain

  • Logis sesuai kaidah ilmu yang telah diakui kebenarannya
  • Objektifberdasarobjek yang dibahasnya dan didukung oleh fakta empiris
  • Metodik yang menerapkan cara spesifik yang teratur, dirancang, diamati serta terkontrol
  • Sistematikdalam sistem yang saling berkaitan sehingga menjadi sebuah kesatuan
  • Berlaku secara umum, bagi siapapun,dimanapun melalui tata cara dan variabel spesifik
  • Eksperimentasi yang panjang untuk hasil yang spesifik
  • Kumulatif berkembang dimana akan selalu bertambah dengan hal baru
  • Tentatif dimana pengetahuan yang salah akan diganti oleh pengetahuan yang benar

Demikianlah penjelasan tentang definisi dan persyaratan ilmu pengetahuan yang didapat dari berbagai sumber dan ahli. Semoga bermanfaat.